ADC 

(ADC) Analog Digital Converter
kita langsung aja ya kita bahas tentang ADC dengan aplikasinya kalo mau tiori” di browsing aja di gogle banyak koq. sekarang kita akan membuat ADC pake potensio aja dengan tampilan LCD.

Nah kalo udah di buat kayak gini hubungkan dech di PORT ADC nya si mikro. kalo udah kita buat programnya pake codevision AVR :

1. Setting ADC nya dulu

Setting di CV AVR kayak gini ya..
trus kita buat tampilan LCD di PORTC aja seperti ini :

nah kalo udah kedua tab itu di setting kita buat program nya alias nambahin doank sih..soalnya CV avr udah nyediain library yang cukup buat kita tambahin dikit doang :
begini kira-kira prgramnya

/********************************
//ADC pake Potensio
*********************************/
#include (mega16.h> // tandanya buka kurungnya di ganti ya.. jadi < #include (stdio.h>
#include (delay.h>

#asm
.equ __LCD_port=0x15
#endasm
#include (lcd.h>

#define ADC_VREF_TYPE 0x00
unsigned int read_adc (unsigned char adc_input)
{
ADMUX=adc_input|ADC_AREF_TYPE;
ADCSRA|=0x40;
while ((ADCSRA & 0x01) = =0);
ADCSRA|=0x01;
return
}
void main (void)
{
char lcd_buffer[33]
float Technokit;
unsigned int temp;
ACSR=0x81;
SFIOR=0x00;
ADMUX=ADC_AREF_TYPE;
ADCSRA=0x87;
lcd_init (16);

while (1)

{
temp=read_adc(0);
Technokit=((float)temp*0,000488 // perhitungan dengan kristal yang di hunakan
lcd_gotoxy(0,0);
sprintf(lcd_buffer,”Analog:%0.001f”,Technokit”);
lcd_puts(lcd_buffer);
temp=read_adc(0);
Technokit=((float) temp*1);
lcd_gotoxy(0,1);
sprintf(lcd_buffer,”DIGITAL:%f”,Technokit”);
lcd_puts(lcd_buffer);
delay_ms(1000);
};
}

selesai dech, kalo gitu coba compile trus downloadkan dech ke mikro bis tu coba di puter-puter potensio tadi yang udah ke hubung ke mikro dan VCC 5 volt.
jadi program itu kita pake 8 bit nah kalo ada kita inputkan tegangan 0 volt makan hasil konversinya menjadi 0 sajah nah kalo pake tegangan 5 volt maka akan menjadi 1023, sebenernya sih 1024. tapi kan kita ngitungnya dari 0 – 1023.. gitu ceritanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: