Remote SONY

Remote kontrol sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak peralatan elektronik menggunakan alat ini dimana tujuannya adalah untuk mempermudah penggunaannya. TV, Tape, DVD palyer serta peralatan elektronik lainnya sebagian besar atau bahkan semua telah menggunakan remote. Remote kontrol yang digunakan adalah jenis infra merah (IrDa). Bagi anda yang berkecimpung dengan dunia elektro kali ini akan disampaikan tentang teori singkat tentang standar remote SONY serta pembuatan penerima dengan menggunakan mikrokontroller ATmega16.

Remote SONY memiliki banyak tobol namun masing-masing tombol tersebut memiliki PULSA data yang berbeda, sehingga dengan berbeda ini kita dapat menggunakan pengontrolan berbagai macam peralatan dengan banyak perintah sesuai banyak nya tombol yang ada pada remote.

agar dapat bekomunikasi dengan mikrokontroler kita membutuhkan rangkaian penrima dari remote Sony. buat lah rangkaian di bawah ini sebagai penerima sinyal remote.

hubungkan pin sinyal ke mikro kontroler pada PIND.2.

agar hasil penekanan tombol dapat kita lihat sebaiknya di buatkan penambil dapat menggunakan LED. 7 segment atau LCD.  untuk percobaan kali ini kita menggukan 7 segment sebagai penampil hasil penekanan tombol, 7 segment di hubungkan pada PORTA.0 s/d PORTA.7.

Donwload sourcode  dengan CV AVR

Donwload sourcode  dengan AVR GCC / AVR Studio

setelah mendonwloadkan proram ke mikrokntroler selanjutnya anda menyeting fuse bit SUT_CKSEL nya menjadi 1 mega,. untuk menyesuaikan kecepatan mikro dengan sinyal yang di kirimkan oleh remote.

nah kalo udah di set fuse bit nya donwload ulang program yang sudah di compile. selanjutnya pengujian tombol dan perhatikan hasilnya di 7 segment, jika masih kacau yang di tampilkan kita dapat menyesuaikannya secara otomatis dengan menekan beberapa kali sampi tampil karakter yang kita harapakna. atau dengan program langsung kita sesuaikan dari mulai code oo di set sesuai dengan penekanan tombol.

dah selesai….

selamat mencoba..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: